budata sabung ayam

Ternyata Sabung Ayam Menjadi Budaya Di Indonesia Sejak Dulu

Indonesia merupakan Negara yang terdiri dari berbagai macam suku dan ragam bahasa sehingga mempunyai beranekaragam budaya. Budaya sabung ayam telah menjadi bagian penting masyarakat Indonesia sejak dari zaman dahulu.

Walaupun sebagian besar orang melarang sabung ayam, namun sebagian orang masih tetap melakukannya dengan alasan hobi. Nah hal ini menunjukan bahwa tradisi sabung ayam telah menjadi budaya sebagian masyarakat kita.budata sabung ayam

Dari zaman nenek moyang, sabung ayam telah dikenal dari zaman kerajaan dan sudah lama sekali dari beberapa abad lalu. Berikut ini adalah perjalanan dan perkembangan sabung ayam di Indonesia:

1. Mengenal sabung ayam di tanah jawa

kepopuleran ayam aduan di tanah jawa dibuktikan dengan adanya cerita rakyat secara turun-temurun. Sabung ayam di jawa dibuktikan oleh cerita rakyat Cindelaras, yaitu seorang pemuda yang memiliki ayam aduan kuat dan tidak terkalahkan. Pada suatu hari sang raja Jenggala yaitu yang bernama Raden Putra membuat sayembara atau perlombaan mengadu ayam. Kemudian beliau berkata apabila dia kalah maka setengah kekayaan akan diberikan, bila raja menang penantang akan dipenggal kepalanya. Kemudian Cindelaras menyetujui tawaran itu dan pada akhirnya mampu memenangkan sayembara.

2. Cerita sabung ayam di tanah Bali

Tanah Bali adalah salah satu pulau di Indonesia yang kental akan budaya. Budaya sabung ayam di bali sudah ada sejak zaman dahulu dengan istilah trajen. Pada awalnya sabung ayam adalah simbol tradisi yang diadakan ketika acara ritual, namun seiring berjalannya waktu kebudayaan ini telah menjadi kebiasaan masyarakat bali.

3. Cerita sabung ayam di tanah Bugis

Mitologi dari suku bugis terdahulu dilambangkan dengan “ayam jantan” yang memiliki arti kekuatan. Seseorang yang dianggap sebagai pemberani ialah mereka yang memang memiliki kebiasaan mengadu ayam, berjudi, serta minum arak. Hal tersebut tertuang dalam kitab La Galigo, serta catatan sejarah mengenai pertikaian antara 2 kerajaan yang diselesaikan dengan sabung ayam di abad ke 16.

Baca Juga:  Tips Merawat Ayam Aduan yang Sedang Ganti Bulu (mabung)

 

Demikian sedikit pembahasan mengenai budaya sabung ayam di Indonesia yang ternyata sudah menjadi tradisi turun temurun sejak zaman dulu. Hingga saat ini sabung ayam masih tetap ada meskipun kita sudah hidup dalam dunia yang canggih akan teknologi.

Gambar Gravatar
Hidup ini akan lebih bermanfaat jika kamu mau berbagi dengan orang lain.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *