ayam ketawa

Primbon Ayam Ketawa Sebagai Ayam Unik Pembawa Rejeki

Siapa yang tidak kenal Ayam ketawa? Saya rasa hampir seluruh masyarakat Indonesia tahu akan keunikan ayam ini. Ayam ketawa biasanya dipelihara dan dijadikan sebagai ayam hias, selain itu ayam ini sering dipakai untuk ajang kontes suara kokok ayam.

Selain ayam pelung, ayam ketawa juga mempunyai suara kokok yang cukup unik sehingga banyak orang menyukainya. Harga ayam ketawa bisa dibilang begitu mahal untuk kategori ayam kontes yang memiliki kualitas suara bagus. Maka tidak heran kalau budidaya ayam ketawa memiliki peluang begitu menjanjikan.

Banyak orang yang meyakini kalau memelihara ayam ketawa akan mendatangkan rejeki bagi pemiliknya. Entah itu benar atau tidak, tapi keyakinan ini sudah dipercaya sejak zaman dahulu. Secara silsilah ayam ketawa adalah ras ayam asli Indonesia yang berasal dari Sidrap, Sulawesi Selatan. Dalam bahasa ilmiah ayam ini dikenal dengan sebutan gallus gallus domesticus.

Alasan sesungguhnya kenapa ayam ini diberi nama ayam ketawa ialah karena suara yang mirip seperti suara ketawa. Bagi penggemar ayam ketawa mereka membagi jenis suara ayam ketawa, yaitu:

  • Garetek yaitu suara berkokok yang begitu cepat dan lantang
  • Gaga yaitu suara berkokok ayam yang bertempo lambat
  • Dodo yaitu suara berkokok mendayu-dayu yang mirip dengan ayam pelung.

 

Pada dasarnya ciri fisik ayam ini sebenarnya mirip seperti ayam kampung pada umumnya. Hanya saja perbedaan yang paling mencolok ialah apabila diraba kerongkongannya pita suara ayam ketawa terasa putus-putus dan tidak seperti ayam kampung yang kokoh menyatu.

Ayam jenis ini juga dapat dikelompokan berdasarkan warnanya yaitu:

  1. Bhakka yaitu ayam ketawa yang memiliki warna dasar putih mengkilap kemudian dihiasi warna hitam, oranye merah. kaki hitam atau putih
  2. Lappung yaitu ayam ketawa yang memiliki warna dasar hitam beraksen merah hati dan mata putih
  3. Ceppaga yaitu ayam ketawa yang memiliki warna dasar hitam, dan sedikit warna putih di leher sampe dada dan kaki hitam
  4. Kooro yaitu ayam yang mempunyai warna dasar hitam dengan campuran warna hijau ,putih atau kuning mengkilap serta kaki kuning atau hitam
  5. Ijo Buata yaitu ayam dengan warna dasar hijau diselingi warna hitam pada sayap serta kaki warna kuning
  6. Bori Tase yaitu ayam dengan dasar bulu merah berbintik kuning keemasan
Baca Juga:  Mengenal Ayam Pelung Asli Cianjur Yang Terkenal

 

Awalnya habitat ayam ini hanya ada di daerah asalnya, tapi sekarang ayam ini sudah tersebar hampir di seluruh wilayah Indonesia. Sifatnya kuat, tahan penyakit serta perawatan yang mudah membuat ayam ini digemari banyak orang.

Umumnya para juragan ayam tidak hanya menikmati suaranya saja, mereka juga kerap mengadakan kontes hingga ke tingkat nasional yang rutin diadakan 2 kali dalam setahun. Prospek ternak ayam ketawa ini pun sangat baik karena penggemarnya yang terus bertambah, terlebih harganya yang cukup mahal tentu akan menguntungkan peternak. Demikianlah pembahasan tentang ayam ketawa, ayam unik pembawa rejeki. Semoga informasi ini bisa bermanfaat bagi para juragan sekalian.

Gambar Gravatar
Hidup ini akan lebih bermanfaat jika kamu mau berbagi dengan orang lain.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *