pakan ayam bangkok

Pakan Ayam Bangkok Menangan Serta Pola Pemberiannya

Seperti yang kita ketahui bahwa pakan ayam bangkok merupakan hal terpenting yang wajib dipenuhi ketika anda memutuskan untuk memelihara ayam bangkok aduan. Tidak seperti makanan ayam pada umumnya, pakan ayam bangkok jauh lebih spesial dibandingkan ayam lainnya. Intinya faktor pakan sangat berpengaruh terhadap kualitas hasil ternak natinya.

Selain itu pola pemberian pakan ayam bangkok tidaklah sembarangan, terdapat beberapa aspek penting yang perlu diperhatikan. Misalnya saja jenis pakan yang diberikan, umur ayam, jam makan, tipe ayam dan bagian-bagian lainnya. Supaya ayam aduan bisa menjadi ayam menangan sehingga mampu menjuarai laga, maka para penghobi ayam perlu mengetahui jenis dan pola pemberian pakan ayam aduan yang baik dan benar.

 

Pakan Ayam Bangkok Berdasarkan Umur

Bagian dasar yang perlu dipahami para botoh ialah memperhatikan jenis dan pola pemberian pakan ayam aduan berdasarkan umur. Jadi bedakan pakan antara anak ayam, lancur dan ayam dewasa.

Pakan ayam bangkok umur 0 sampai 3 bulan

Usia ini mulai dihitung setelah ayam menetas. Merawat ayam bangkok umur 0-1 bulan haruslah hati-hati. Pada masa ini anak ayam sangat rentang terkena penyakit dan bisa dibilang angka kematian pada usia ini cukup rawan.

Pakan yang paling cocok untuk ayam usia 0 sampai 1 bulan adalah voor atau konsentrat. Berikan voor 592 pada jam makan ayam, yaitu pagi, siang dan sore dengan takaran secukupnya. Kemudian jangan lupa untuk menyediakan air minum. Voor 592 memiliki ukuran yang kecil sehingga lebih mudah dicerna oleh anak ayam.

Baca Juga:  10 Cara Melatih Nafas Ayam Bangkok Agar Tahan Saat Berlaga

Kemudian setelah memasuki bulan ke-2 dan ke-3 pakan bisa diganti dengan voor 594 yang memiliki ukuran lebih besar. Pada masa ini anak ayam bangkok sudah bisa diberikan selingan pakan berupa nasi, atau kombinasi voor+nasi.

 

Pakan ayam bangkok umur 3-5 bulan

Pada masa ini anda sudah bisa memberikan berbagai kombinasi pakan untuk anak ayam, seperti voor, beras jagung, nasi, dedak, dll. Untuk tahap ini bisa dibilang biaya pengeluaran pakan tidak terlalu besar karena ayam sudah bebas untuk diberikan pakan.

Setelah usia 3 bulan sebaiknya perhatikan keadaan kandang anak ayam, karena pada masa ini persaingan akan mulai terlihat dan akan terjadi pertarungan perebutan bos. Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan ayam yang mulai bertarung sebaiknya dipisahkan.

Ketika masuk usia 5 bulan pakan utama bisa diganti dengan beras jagung, kemudan sesekali diberikan voor. Pada usia ini anak ayam sudah masuk kategori ayam lancur, selain itu usahakan anak ayam tidak terganggu oleh ayam dewasa supaya mentalnya tidak terganggu.

 

Pakan ayam umur 6 bulan – Dewasa

Ketika umur 6 bulan berikan 3 jenis makanan ini (jagung, voer dan nasi). Menginjak usia dewasa ayam sudah bisa diberikan jagung. Kemudian umbar ayam secara rutin supaya bulu ayam bisa tumbuh dengan optimal serta tidak cacat.

Setalah memasuki umur 7 bulan ayam sudah bisa dianggap sebagai ayam bangkok dewasa dan sudah bisa berikan pepakan khusus seperti beras merah dan diberikan jamu.

 

 

Pakan Ayam Bangkok Berdasarkan Tipe Pukulan

Ayam bangkok umumnya memiliki 2 tipe pukulan atau gaya bertarung, yaitu tipe pukul dan tipe jalu.

Pakan ayam bangkok tipe pukul

Ayam tipe pukul adalah ayam yang tidak terlalu mengandalkan jalu atau akurasi jalu sangatlah lemah. Biasanya pertumbuhan jaluu pada ayam tipe pukul juga lambat, selain itu ciri khusus ayam teknik pukul memiliki ukuran tubuh dan tulangan lebih besar dibandingkan tipe jalu.

Baca Juga:  Mengungkap Kehebatan Ayam Aduan Vietnam (Negeri Bunga Mawar)

Pakan utama yang bagus untuk tipe bertarung ini adalah jagung. Untuk meningkatkan kekuatan pukulan dan mengeraskan otot ayam, jagung adalah pakan terbaik untuk ayam tipe ini.

 

Pakan ayam bangkok tipe jalu

Ayam tipe jalu (taji) adalah ayam aduan yang dominan mengandalkan jalunya. Biasanya ayam aduan tipe jalu cenderung memiliki ukuran tubuh dan tulangan lebih kecil dibandingkan ayam pukul. Ayam tipe ini sangat mengandalkan akurasi pukulan jalunya.

Untuk itu pakan utama yang bagus untuk ayam bangkok tipe jalu adalah beras merah dan gabah. Dua pakan ini akan sangat berguna untuk meningkatkan kelincahan dan akurasi pukulan.

 

Sangat penting bagi pemelihara ayam aduan untuk memahmi bagaimana pola pemberian pakan ayam bangkok yang baik dan benar. Jadi intinya ayam berkualitas tidak akan sempurna jika tidak dirawat dengan benar. Baiklah, saya akhiri tulisan ini, semogoga bermanfaat bagi kita semua.

Artikel Terkait

4 Cara Mengatasi Ayam Aduan Belum Berani Bertarung
views 179
4 Cara Mengatasi Ayam Aduan Muda Yang Belum Berani Bertarung - Mental dan keberanian ayam aduan adalah senjata utama supaya ayam bisa menang laga dan ...
Mengungkap Keganasan Sisik Naga Temurun Ayam Aduan
views 47
Mengungkap Keganasan Sisik Naga Temurun Ayam Aduan - Katurangan sisk kaki Naga Temurun pada ayam aduan masih sangat digandrungi oleh parah botoh dan p...
Perbedaan Generasi Katurangan dan Non Katurangan
views 13
Pastinya sebagai penghobi ayam aduan anda sering mendengar istilah generasi katurangan dan non katurangan. Pada postingan kali ini admin tertarik seka...
10 Cara Melatih Nafas Ayam Bangkok Agar Tahan Saat...
views 143
Ada banyak sekali cara yang bisa dilakukan untuk melatih nafas ayam bangkok aduan. Ayam aduan harus memilki nafas atau stamina yang kuat supaya mampu ...
Teknik Melatih Pukulan Ayam Aduan Paling Jitu
views 56
Teknik Melatih Pukulan Ayam Aduan - Sebagai botoh pastinya kita sangat mengidamkan memiliki ayam aduan yang memiliki pukulan keras (pukul KO), pukulan...
6 Alasan Kenapa Ayam Aduan Kurus dan Susah Gemuk
views 67
Ayam saya makan banyak tapi kurus?, sudah diberi obat tetap kurus? Pasti yang sedang membaca tulisan ini lagi memiliki masalah untuk menggemukan ayam ...
Gambar Gravatar
Hidup ini akan lebih bermanfaat jika kamu mau berbagi dengan orang lain.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *