ayam aduan dari india

9 Nama Ayam Aduan dari India yang Populer

Hampir sama dengan di Indonesia, di India budaya sabung ayam juga begitu populer dan banyak digemari oleh masyarakat umum. Kalau di negara kita, sabung biasanya memakai ayam bangkok, birma maupun ayam lokal. Namun berbeda dengan india yang memiliki jenis ayam aduan tersendiri serta mempunyai nama yang beragam.

Sejak dulu memang ayam aduan sudah berkembang di India, mereka sering mengistilahkan ayam aduan dengan sebutan “Aseel”, yaitu yang diangkat dari bahasa arab dan memiliki arti murni atau mulia.

Berbeda dengan india, ayam Aseel juga dikenal di negara Pakistan. Bahwa berdasarkan sejarah ayam ini tercatat sebagai ayam aduan tertua di Dunia, kurang lebih selama 3500 tahun lebih lamanya. Kepopuleran ayam aduan dari india ini telah diakui oleh banyak orang, dimana ayam aseel mempunyai ciri khas kuat dan sangat agresif ketika bertarung. Berkut ini adalah Nama ayam aduan dari india yang popuer dan juga terkenal:

1. Madras Aseel

madras aseelAyam aduan madras aseel merupakan salah satu nama ayam aduan yang paing disegani di India. Jenis ayam Madras Aseel berasal dari bagian selatan daerah Tamwil Nardu, India. Masyarakat sekitar menyebut ayam ini dengan sebutan “kattu seval”, dimana sejarah ayam ini adalah jenis ayam aduan yang di bawa dari India ke Thailand dan China.

 

2. Horozu

horozu aseelSelanjutnya ayam aduan dari India yang populer ialah ayam Horozu. Nama Horozu mempunyai arti “Ayam dari Hindustan” yang dimana ayam ini berasal dari daerah Hindustan, India. Ayam ini sudah dikenal sangat lama sekali, bahkan ketika masa kejayaan Islam ayam Horozu sudah dijelaskan. Berdasarkan cerita rakyat di negara india, Aseel Horozu diperkenalkan di negara Turki, yaitu pada masa kejayaan kerajaan Utsmani ketika abad Ke-14. Ayam Horozu diyakini oleh penduduk india sebagai simbol kekuatan, kesuburan dan kedewasaan.

Baca Juga:  Cara Mengawinkan Ayam Bangkok Agar Produktif

 

3. Jangli Aseel

jangli aseelAyam Jaggli Aseel adalah ayam aduan yang mempunyai kualitas tempur yang bagus. Ayam ini merupakan ayam yang hidupnya liar di negara india dan kemudian digunakan sebagai ayam aduan. Ayam jangli aseel mempunyai bentuk fisik yang baik dan kuat dalam menyerang, jadi tidak jarang ayam ini menjadi juara sabung ayam di india.

 

4. Madaroo Aseel

madaroo aseelMadaroo aseel merupakan ayam aduan dari india yang sering dikenal dengan ayam sombong karena bentuk fisiknya. Selain digunakan sebagai ayam aduan, Madaroo aseel mempunyai bulu yang indah dan bentuk mata yang buat. Sebagian masyarakat inidia menyebut ayam ini dengan nama “pitta maadi”.

 

5. Bihangam Aseel

bihangam aseelBihangam Aseel merupakan salah satu ayam Aseel yang terkenal di India. Meskipun ayam ini mempunyai kehabatan dalam bertarung, tapi ayam Bihagam termasuk ayam yang sangat langka. Hal ini membuat harga jual ayam ini menjadi begitu mahal. Ciri khusus dari bihagam aseel ialah warna bulunya yang menunjukan kemunduran dari warna merah.

 

6. Shikra Aseel

shikra aseelSelanjutnya adalah ayam shikra aseel yang populer dengan bentuk fisiknya yang menyerupai burung elang. Kelebihan ayam ini adalah kecepatan dan agresifitasnya saat bertarung, jadi tak jarang shikra aseel bisa menumbangkan lawan-lawannya dengan sangat cepat.

7. Reza Aseel

reza aseelReza aseel adala salah satu ayam aduan asli india yang memiliki tubuh kecil. Berbeda dengan jenis ayam lainnya, ayam hini hanya bisa mencapai berat maksimum hingga 2-3 kilogram saja. Meskipun begitu ayam reza aseel masih menjadi primadona sabung ayam di negara india. Keunggulan dari ayam ini adalah gaya tarungnya yang sangat lincah serta mempunyai jalu yang akurat.

Baca Juga:  Pengertian dan Macam-macam Katurangan Ayam Bangkok

 

8. Bighara Aseel

bighara aseelSesuai dengan namanya, ayam ini diambil dari bahsa India “bighara” yang mempunyai arti serigala. Bighara Aseel adalah ayam aduan yang mempunyai tubuh besar dengan pukulan yang dahsyat. Jika dilihat dari bentuk fisiknya, warna ayam ini hampir mirip dengan ayam aduan lokal yang berasal dari Indonesia (ayam kampung).

 

9. Sindhi Aseel

sindhi aseelAyam ini terlihat begitu unik dengan corak mata seperti bunga Akasia. Ayam sindi aseel mempunyai ukuran tubuh yang besar serta memiliki pukulannya yang cepat. Ayam ini adalah tipe ayam aduan bertahan dan lebih suka melakukan serangan balasan. Sesuai dengan namanya ayam aseel yang satu ini berasal dari daerah Sindh, Pakistan. Meskipun ayam ini merupakan ayam asli Pakistan, di India ayam ini telah banyak dibudidayakan.

 

Budaya sabung ayam sudah menjadi tradisi hampir di semua negara. Jika awalnya kita hanya mengetahui beberapa ayam aduan yang populer di Indonesia, maka tidak ada salahnya kita mengetahui jenis ayam aduan yang populer di Negara lain. Nah itulah nama-nama ayam aduan dari India yang populer, semoga tulisan ini bermanfaat untuk saya dan untuk kita semua.

Gambar Gravatar
Hidup ini akan lebih bermanfaat jika kamu mau berbagi dengan orang lain.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *