merawat jalu ayam

5 Cara Ampuh Merawat Jalu Biar Cepat Panjang

5 Cara Ampuh Merawat Jalu Biar Cepat Panjang – Jalu atau taji adalah senjata utama ayam aduan yang digunakan untuk menumbangkan lawan-lawannya di arena sabung ayam. Bagi anda penghobi ayam jalu pastinya mengharapkan ayam aduan kesayangan anda memiliki bentuk jalu yang mematikan.

Idealnya jalu ayam akan mencapai ukuran ideal ketika ayam berusia 10 bulan ke atas. Tapi kadang ada beberapa ayam yang mengalami masalah pertumbuhan jalu yang lambat dan lama panjang. Hal ini bisa saja dikarenakan beberapa faktor, diantaranya adalah faktor keturunan, jenis ayam jalu lepek dan faktor kurangnya perawatan jalu.

Berbeda dengan ayam tipe pukul, ayam jalu biasanya memiliki pukulan yang tidak terlalu kuat. Jadi untuk itu bagi anda pemilik ayam jalu harus benar-benar teliti. Pada kesempatan kali ini kami akan sedikit berbagi tips bagaimana cara merawat jalu biar cepat panjang hingga mencapai ukuran ideal. Kemudian cara ini juga bisa diterapkan untuk mempercepat pertumuhan jalu yang patah.

Berikut Adalah Cara Ampuh Merawat Jalu Biar Cepat Panjang

1 Lakukan Pengupasan

Cara merawat jalu biar cepat panjang bisa dilakukan sejak dini, yaitu saat jalu mulai tumbuh. Biasanya jalu ayam akan mulai menonjol saat ayam berusia lima bulan ke atas. Jadi pada saat itu anda bisa melakukan pengupasan lapisan luar jalu yang mulai menonjol, atau yang sering dibilang dengan jalu jagung.

 

2 Oleskan Bawang Putih

Sebenarnya cara ini sudah banyak dikatahui oleh banyak botoh. Setelah lapisan luar jalu dikupas, langkah selanjutnya adalah dengan mengoleskan bawang putih secara teratur. Kemudian anda bisa sesekali mengolesi jalu dengan minyak goreng agar pertumbuhan jalu lebih optimal.

 

3 Rutin Membuang Lapisan Jalu

Pada dasarnya jalu memiliki 3 lapisan, yaitu lapisan luar berwarna putih, lapisan tengah berwarna kuning dan lapisan dalam berwarna kuning muda. Agar pertumbuhan jalu ayam lebih cepat, maka anda dapat membersihkan lapisan luar jalu secara rutin. Gunakan pecahan kaca atau pisau dan usahakan hanya lapisan yang berwarna putih saja.

Baca Juga:  Keunikan dan Kelebihan Sisik Kaki Berbulu Ayam Aduan

 

4 Dengan Belimbing

Buah belimbing diyakini dapat membuat jalu lebih cepat panjang. Caranya cukup mudah, carilah buah belimbing lalu oleskan pada jalu ayam. Oh iya, untuk buah belimbingnya diutamakan belimbing wuluh.

 

5 Mengeraskan Jalu

Tahap terakhir merawat jalu agar cepat panjang adalah dengan membuatnya menjadi lebih keras. Jalu ayam yang keras memiliki banyak keunggulan, selain tidak mudah patah, jalu yang keras akan lebih mudah diseting. Untuk mengeraskan jalu cukup mudah, pertama tumbuk beberapa siung kunyit, lalu letakan pada jalu ayam dan bungkus menggunakan kain.

 

Nah itulah cara ampuh merawat jalu agar cepat panjang versi admin jouhome. Memang ada banyak sekali cara yang bisa digunakan untuk memanjangkan jalu ayam aduan. Selanjutnya sebelum anda mencoba cara ini sebaiknya perhatikan ayam anda, apakah tipe jalu atau bukan. Jika anda mencoba cara ini kepada ayam jalu lepek atau rentet maka tidak akan bekerja. Akhir kata dari penulis, semoga tulisan ini berguna dan menjadi ilmu yang bermanfaat.

Gambar Gravatar
Hidup ini akan lebih bermanfaat jika kamu mau berbagi dengan orang lain.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *