merawat anak ayam bangkok

Cara Merawat Anak Ayam Bangkok yang Baru Menetas

Merawat anak ayam bangkok yang baru menetas merupakan langkah awal yang akan menentukan kesuksesan budidaya ayam bangkok. Dalam hal ini terdapat beberapa hal penting yang harus diperhatikan, di antaranya adalah kandang, pakan dan cara perawatan anak ayam supaya bisa cepat tumbuh besar.

Umumnya proses pengeraman telur sampai anak ayam menetas kurang lebih membutuhkan waktu 21 hari. Maka dari itu usahakan anda tahu kapan kira-kira telur akan menetas, ini sangat penting agar nantinya tidak timbul kerugian akibat kelalaian anda.

Merawat ayam bangkok yang baru menetas tidak boleh diangap remeh, hal ini dikarenakan kondisi fisik anak ayam sangatlah lemah dan rawan mati. Kemudian anda juga harus hati-hati ketika memisahkan anak ayam dengan induknya, usahakan si induk tidak stres dan mau bertelur setelahnya.

 

Tips memisahkan anak ayam dari induknya

Seperti yang dijelaskan sebelumnya kalau memisahkan anak ayam dengan induknya tidak boleh sembarangan. Perhatikan ini:

  • Sebaiknya anak ayam dipisahkan saat baru menetas. Jika lewat beberapa hari kemungkinan induk ayam akan kebingungan jika kehilangan anak-anaknya dan bisa saja stress dan tidak mau bertelur..
  • Kemudian induk ayam yang selesai mengerami telur sebaiknya dimandikan. Cara ini bertujuan untuk membersikan induk ayam dari kutu, selain itu, metode ini juga dapat mengurangi efek stres pada induk ayam.

 

Membuat kandang anak ayam yang baru menetas

Kandang untuk anak ayam yang baru menetas haruslah dibuat rapat dan nyaman. Kebanyakan penghobi ayam menyebut ini “kandang bok”. Anda bisa membuatnya menggunakan keping papan atau bambu dan ukuran bisa disesuaikan dengan jumlah anak ayam.

Jika anda ingin menghemat biaya anda bisa memakai kardus (kardus mie instan atau sejenisnya). Nah daripada repot, cara ini lebih simpel dan sederhana. Syarat penting kandang bok ialah kebersihannya, usahakan tempat minum anak ayam tidak mudah tumpah.

Baca Juga:  10 Cara Melatih Nafas Ayam Bangkok Agar Tahan Saat Berlaga

Anak ayam yang baru menetas sebaiknya diberikan pencahayaan

Idealnya penerangan untuk anak ayam bisa menggunakan lampu pijar 5-10 watt, serta perhatikan jarak antara ayam dengan lampu. Pencahayaan atau penerangan sangat diperlukan supaya ayam bisa mengkonsumsi makanan dan minuman ketika malam hari.

Dengan begitu ayam akan lebih cepat besar dibandingkan anak ayam yang hanya aktif di siang hari. Selain itu penerangan lampu bisa juga berfungsi sebagai penghangat bagi ayam.

 

Pakan anak ayam bangkok yang baru menetas

Ketika merawat anak ayam bangkok, pakan merupakan kebutuhan yang wajib disediakan. Untuk anak ayam sebaiknya berikan pakan dengan tekstur yang lunak, misal voor (konsentrat), nasi dan dedak. Kemudian kebutuhan minuman terpenuhi, serta berikan asupan vitamin seperti minyak ikan dan vit B komplek.

 

Tips Supaya anak ayam bangkok yang baru menetas tidak terserang penyakit

  • Berikan asupan nutrisi yang cukup kepada anak ayam berupa pakan dan minuman,
  • Berikan asupan vitamin yang cukup, serta berikan obat untuk pencegahan penyakit seperti anti snot atau bubuk tetra,
  • Utamakan kebersihan kandang anak ayam,
  • Jauhkan anak ayam dari ayam dewasa yang galak agar tidak stres.

 

Nah itulah cara merawat anak ayam bangkok yang baru menetas yang dapat anda jadikan referensi. Saya akhiri tulisan ini dan semoga bermanfaat untuk kita semua.

Gambar Gravatar
Hidup ini akan lebih bermanfaat jika kamu mau berbagi dengan orang lain.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *