menyiapkan ayam bangkok sebelum diadu

Menyiapkan Ayam Bangkok 1 Bulan Sebelum Diadu

Menyiapkan ayam bangkok sebelum diadu supaya ayam benar-benar siap memang sangat penting untuk dilakukan. Sebenarnya persiapan ayam yang baik adalah dilakukan sejak ayam masih muda dengan diberikan pakan dan perawatan agar ayam bisa tumbuh secara maksimal dan kemudian setelah ayam sudah dewasa bisa dilakukan beberapa latihan supaya ayam aduan kesayangan kita mampu menjadi ayam aduan juara.

Akan tetapi bagian terpenting dari poses rawatan di atas adalah bagaimana menyiapkan ayam aduan sebelum diadu. Walaupun dilakukan pemberian pakan dan rawatan yang baik ketika ayam masih muda, maka akan percuma saja jika tidak diberikan perawatan khusus saat ayam akan diadu. Kemungkinan terburuk adalah ayam kita akan kalah karena kurangnya persiapan atau kesalahan saat perawatan. Kemudian selanjutnya bagian terpenting yang tidak boleh dilupakan selain menyiapkan ayam adalah bagaimana perawatan ayam setelah diadu.

 

Perawatan Ayam Aduan Sebelum Diadu

Tujuan dilakukannya perawatan ayam sebelum diadu diantaranya adalah agar ayam lebih memiliki stamina, sehat fisik, mental dan ayam bisa berlaga di arena secara maksimal. Satu bulan terdiri dari empat minggu, maka dari itu penulis akan berbagi tips berdasarkan perawatanmenyapkan ayam per-minggu selama satu bulan. Berikut adalah bagaimana cara menyiapkan ayam bangkok sebelum diadu:

 

Minggu Ke 1

Bagi ayam aduan yang belum pernah turun ke arena atau ayam yang masih muda sebaiknya persiapan dilakukan sejak minggu pertama. Persiapan yang perlu di lakukan diantaranya:

  • Berikan pakan berupa jagung dan beras merah untuk membentuk otot ayam supaya lebih cepat berkembang, kemudian mengeraskan otot ayam bisa dilakukan dengan cara mengkompres kulit ayam dengan air di malam hari secara rutin.
  • Ayam harus rutin dimandikan dan dijemur.
  • Pada hari ke 3 minggu pertama berikan jamu ayam racikan sendiri.
  • Pada hari ke 4 ayam aduan diistirahatkan di dalam kandang selama satu hari penuh.
  • Pada hari ke 5 ayam di abar (training) dengan durasi kira-kira 10 menit, sebaiknya sesuaikan durasi abar sesuai dengan kesanggupan ayam.
  • Hari ke 6 dan ke 7 ayam diistirahatkan total.

Minggu Ke 2

  • Hari ke 1 sampai ke 3 tetap melakukan perawatan dengan memandikan dan menjemur ayam kemudian berikan pola latihan fisik untuk ayam.
  • Hari ke 4 kembali memberikan jamu herbal buatan sendiri dan kemudian ayam diumbar ke halaman biar lebih sehat dan usahakan ayam tidak melakukan perkawinan.
  • Hari ke 5 kembali melakukan abar dengan durasi lebih dari 15 menit.
  • Hari ke 6 ┬ásampai ke 7 ayam diistirahatkan.

 

Minggu ke 3

Untuk minggu ke 3 lakukan perawatan ayam seperti perawatan minggu ke 2. Kemudian saat latihan abar waktunya agak ditambah sampai lebih dari 20 menit. Pada minggu ke 3 ini adalah tahap penilaian ayam, jika ayam memiliki potensi yang bagus maka perawatan bisa dilanjutkan ke minggu selanjutnya dan jika dikira hasil rawatan ayam belum kelihatan hasilnya maka anda bisa menambah waktu latihan. Biasanya ayam yang jadi memiliki ciri nafas lebih panjang, otot sudah mengeras dan gaya tarung sudah lebih berpengalaman dari sebelumnya. Sebaiknya dalam menyiapkan ayam anda jangan terlalu buru-buru, yang terpenting adalah memperhatikan kesiapan ayam kesayangan kita.

 

Minggu ke 4

  • Hari ke 1 berikan jamu herbal berupa kuning telur ayam kampung+sedikit madu+kunyit+gula merah.
  • Hari ke 2 sampai hari ke 3 ayam tetap dimandikan dan dijemur kemudian lakukan latihan lalu ayam diumbar bebas.
  • Hari ke 4 berikan obat doping, kalau biasanya kami menggunakan kapsul super top.
  • Hari ke 5 ayam diumbar setengah hari kemudian diistirahatkan kembali di kandang.
  • Hari ke 6 ayam sebaiknya diistirahatkan total selama satu hari.
  • Hari ke 7 ayam siap dibawa ke arena untuk bertanding.

 

Cara Menyiapkan Ayam Bangkok 1 Bulan Sebelum Diadu seperti yang dijelaskan di atas adalah sebuah gambaran umum saja. Setiap botoh pasti memiliki cara yang beragam dalam menyiapkan ayam aduan, yang terpenting adalah kesiapan ayam harus benar-benar siap sebelum diadu. Kalah ataupun menang jika kita sudah melakukan perawatan secara maksimal tentu tidak akan ada rasa penyesalan jika ayam kita kalah, karena pada dasarnya kita sudah berusaha semaksimal mungkin.

Gambar Gravatar
Hidup ini akan lebih bermanfaat jika kamu mau berbagi dengan orang lain.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *