Manfaat Tomat Untuk Ayam Aduan

5 Manfaat Tomat Untuk Ayam Aduan yang Jarang Diketahui

Jika kita berbicara manfaat tomat untuk ayam aduan, pasti masih banyak yang belum tahu khasiat sesungguhnya dari buah yang satu ini. Karena indonesia adalah negara dengan iklim tropis, tentu tidaklah sulit untuk mendapatkan buah tomat. Selain itu tomat adalah buah yang kaya akan vitamin dan mineral, sehingga sangat bermanfaat bagi kesehatan makhluk hidup.

Terdapat banyak sekali nutrisi yang terkandung pada tomat, diantaranya adalah protein, karbohidrat, kalori dan lemak, dan masih banyak lagi. Buah yang satu ini bisa dikonsumsi secara langsung dan bisa juga dijadikan sebagai bumbu masakan.

Baca Juga:

Kemudian ketika merawat ayam aduan pastinya pemberian sayur-sayuran merupakan hal yang wajar. Tapi tahukah anda kalau buah tomat sangat berkhasiat bagi ayam bangkok aduan??.., Untuk itu pada artikel kali ini kami akan membahas dan mengulas mendalam terkait manfaat tomat untuk ayam aduan dan cara pemberiannya.

 

Manfaat Tomat Untuk Ayam Aduan dan Cara Pemberiannya

1 Meningkatkan Stamina Ayam Aduan

Selain latihan dan pemberian jamu, pemberian tomat dapat meningkatkan stamina ayam aduan. Kandungan vitamin B3 dan vitamin E pada buah tomat berfungsi sebagai pelindung oksigen ke seluru organ bagian dalam tubuh. Sebenarnya sudah banyak penghobi ayam aduan mengetahui kalau pemberian tomat dapat meningkatkan stamina atau nafas ayam aduan.

 

2 Menjaga Kekebalan Tubuh Ayam Aduan

Pastinya para peternak sangat diuntngkan jika ayam aduan mereka memiliki kekebalan tubuh yang baik, dengan demikian ayam akan terhindar dari penyakit dan virus. Untuk meningkatkan kekebalan tubuh ayam dapat dilakukan dengan berbagai metode seperti pemberian vaksin, perawatan serta memberikan asupan nutrisi yang seimbang. Kandungan nutrisi yang terdapat pada buah tomat dapat menjadi asupan gizi bagi ayam aduan.

 

3 Menjaga Sistem Pencernaan

Dengan memberikan tomat pada ayam akan menyehatkan sistem pencernaan. Kandungan air dan serat pada buah tomat berguna membunuh bakteri jahat yang terdapat pada usus. Kebanyakan botoh menggunakan tomat sebagai obat penyakit berak kapur dan berak darah.

 

4 Bisa Menguruskan Ayam

Ayam aduan yang kegemukan pastinya akan memiliki gerakan yang tidak efisien. Kemudian ayam yang terlalu gemuk akan lebih cepat lelah dibandingkan ayam yang memiliki tubuh ideal. Tomat sangat berguna untuk membakar lemak, jadi dengan memberikan tomat pada ayam dapat menurunkan berat badan sehingga tubuh ayam menjadi lebih ideal dan dapat bergerak lincah.

 

5 Menyuburkan Reproduksi Ayam

Buah tomat kaya akan kandungan Asam folat yang berguna untuk meningkatkan reproduksi ayam aduan. Ini sangat berguna bagi ayam aduan jantan, karena semakin tinggi vitalitas ayam maka akan membuat mental ayam menjadi naik dan lebih ganas. Selain itu asam folat pada tomat juga berfungsi menyehatkan dan mengobati kerusakan pada sel-sel saraf ayam aduan.

 

Cara Pemberian Tomat Untuk Ayam Aduan

Cara pemberian buah tomat kepada ayam tidak boleh sembarangan. Sebelum itu anda perlu mengettahui porsi yang sesuai dan waktu yang tepat ketika memberikan tomat pada ayam.

Perhatikan:

  • Pemberian tomat sebaiknya jangan setiap hari. Berikan jarak antara 2-3 hari sekali.
  • Porsi pemberian bisa disesuaikan dengan umur ayam. Untuk ayam umur 6-8 bulan bisa diberikan potongan tomat sebesar ibu jari. Kemudian untuk ayam dewasa bisa diberikan 2 potongan sebesar ibu jari.
  • Tomat sebaiknya tidak diberikan kepada ayam yang umurnya kurang dari 6 bulan.
  • Kemudian jangan berikan tomat saat musim hujan karena dapat menyebabkan diare pada ayam.

 

Nah itulah penjelasan lengkap terkait 5 Manfaat Tomat Untuk Ayam Aduan yang Jarang Diketahui penghobi ayam. Pastinya setelah membaca tulisan di atas anda dapat mengambil kesimpulan. Saya cukupkan tulisan ini sampai di sini, kemudian apabila terdapat kekurangan harap dikoreksi dan semoga ilmu ini bermanfaat untuk kita semua.

Gambar Gravatar
Hidup ini akan lebih bermanfaat jika kamu mau berbagi dengan orang lain.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *