minyak ikan

6 Manfaat Minyak Ikan Untuk Ayam Aduan

Manfaat Minyak Ikan Untuk Ayam – Seperti yang kita keahui kalau minyak ikan mempunyai khasiat yang sangat luar biasa. Tidak hanya bagi manusia, ternyata minyak ikan juga bermanfaat untuk ayam aduan. Jadi apakah anda salah satu penghobi ayam laga?? Jika iya, anda wajib baca tulisan ini.

Minyak ikan diambil dari bagian tubuh ikan yang berminyak, seperti lemak dan bagian organ lainnya. Minyak ikan mengandung omega 3 yang sagat tinggi sehingga menyehatkan ayam aduan. Oke, langsung saja ke inti pembahasan yaitu mengenai manfaat dan khasiat minyak ikan bagi ayam aduan.

 

6 Manfaat Minyak Ikan Untuk Ayam Aduan

1 Menyehatkan Bulu Ayam 

Karena minyak ikan mengandung omega 3 yang begitu tinggi, jadi sangat baik untuk menyehatkan bulu ayam. Jadi dengan memberikan minyak ikan pada ayam akan membuat bulu menjadi lebih sehat dan mengkilap. Selain itu juga berguna untuk memperkuat bulu ayam agar tidak mudah rontok.

 

2 Meyehatkan Staraf Ayam

Minyak ikan berguna untuk menyehatkan bagian syaraf pada ayam bangkok aduan, jadi dengan begitu ayam akan lebih terrlihat perkasa. Kemudian minyak ikan juga berguna untuk mengobati ayam yang stres atau turun mental.

 

3 Membentuk Postur Tubuh Ayam

Ayam yang masih berusia muda sebaiknya rutin diberikan minyak ikan. Hal ini akan sangat berguna untuk membentuk tubuh ayam agar mencapai ukuran maksimal. Jadi dengan begitu dapat mengurangi resiko ayam berukuran kecil atau bantat.

 

4 Meningkatkan Nafsu Makan

Khasus ayam tidak mau makan memang kerap sekali terjadi. Hal ini bisa disebabkan oleh berbagai alasan, seperti ayam cacingan, ayam sakit, dan masih banyak lagi. Dengan memberikan minyak ikan akan meningkatkan nafsu makan pada ayam aduan.

Baca Juga:  Manfaat Pemberian Daging Kambing Untuk Ayam Bangkok

 

5 Meningkatkan Stamina Ayam Aduan

Keuntungan menggunakan minyak ikan sebagai penambah stamina ialah karena bersifat alami, jadi bisa dibilang minyak ikan lebih aman dibandingan dengan obat kimia ataupun doping. Kandungan energi yang terdapat pada minyak ikan akan membuat ayam lebih bergairah ketika bertanding.

 

6 Menjaga Kekebalan Tubuh Ayam

Terkadang ada masa-masa dimana ayam mudah terserang penyakit, misalnya saat musim hujan, musim panca roba ataupun musim penyakit seperti flu burung. Jadi dalam hal ini anda dapat melakukan antisipasi dengan memberikan minyak ikan kepada ayam. Kandungan vitamin A pada minyak ikan sangatlah baik untuk menjaga sistem kekebalan tubuh pada makhluk hidup.

 

Pemberian Minyak Ikan Untuk Ayam Aduan

Ketika memberikan minyak ikan pada ayam tidak boleh sembarangan dan harus disesuaikan dengan usia ayam. Berikut adalah pola pemberian minyak ikan pada ayam:

  • Usia muda (1 bulan – 5 bulan) = 1 butir dalam seminggu
  • Usia Lancuran (6 bulan – 8 bulan = 1 butir per hari
  • Usia dewasa (di atas 8 bulan) = 2 butir per hari

 

Itulah 6 manfaat minyak ikan untuk ayam aduan serta cara pemberiannya. Semoga tulisan ini bisa memberikan ilmu yang bermanfaat bagi rekan-rekan botoh sekalian.

Gambar Gravatar
Hidup ini akan lebih bermanfaat jika kamu mau berbagi dengan orang lain.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *