Manfaat Madu dan Telur

Ini dia Manfaat Madu dan Telur Bagi Ayam Aduan

Pemberian madu dan telur bagi ayam bangkok aduan adalah hal yang lumrah, tapi tahukah anda manfaat madu dan telur bagi ayam aduan?.. Nah maka dari itu, pada kesempatan kali ini kami akan mengulas beberapa poin penting terkait pemberian madu dan telur untuk ayam bangkok.

Madu dan telur biasa dijadikan sebagai jamu kuat bagi manusia dan terlebih lagi banyak botoh yang menggunakan telur dan madu sebagai jamu ayam aduan. Biasanya madu dan telur diberikan pada ayam ketika ayam akan berlaga atau diadu. Tujuannya ialah tidak lain dan tidak bukan agar stamina, mental dan kekuatan ayam aduan menjadi lebih perkasa.

 

Telur yang cocok diberikan kepada ayam

Tidak semua telur baik untuk ayam bangkok aduan, maka dari itu rekan-rekan botoh harus tahu ini. Telur yang cocok untuk ayam aduan diantaranya adalah telur ayam kampung, telur bebek dan telur burung puyuh. Kandungan kaya akan protein pada telur sangat berguna untuk meningkatkan daya tahan tubuh ayam aduan.

 

Madu untuk ayam aduan

Madu adalah bahan makanan yang dihasilkan dari lebah. Di indonesia banyak sekali madu, tapi untuk mendpatkan madu asli tidaklah mudah. Madu yang cocok diberikan kepada ayam adalah madu asli, usahakan tidak menggunakan madu yang dipasarkan dengan kemasan merek.

 

Khasiat dan manfaat madu dan telur bagi ayam aduan

  • Protein yang terdapat pada telur akan membuat daya tahan tubuh ayam menjadi lebih kuat
  • Ayam akan terhindar dari berbagai macam penyakit
  • Memanjangkan nafas atau stamina ayam aduan ketika berlaga
  • Ayam akan lebih ganas dan agresif
  • Bulu ayam akan terlihat mengkilap
  • Selain itu libido ayam akan meningkat sehingga ayam lebih produktif.
Baca Juga:  Cara Jitu Melatih Ayam Main Atas Menjadi Full Kontrol

 

Langkah-langkah pemberian madu dan telur

Cara pemberian madu dan telur pada ayam bangkok aduan bisa dilakukan dengan beberapa cara, yaitu dengan memberikan secara bergantian dan pemberian secara sekaligus.

Pemberian secara bergantian

Ketika memberikan telur kepada ayam sebaiknya putih telur dibuang. Dalam hal ini kita hanya menggunakan kuning telur saja. Berikan satu kuning telur pada ayam aduan dewasa yang siap diadu, dan jangan diberikan pada ayam yang masih muda.

Kemudian untuk pemberian madu bisa dilakuak sehari setelah ayam diberikan kuning telur. Usahakan ketika memberi madu tidak terlalu banyak, karena madu memiliki sifat memanaskan tubuh jadi kalau terlalu banyak bisa berbahaya.

Pemberian madu dan telur dapat dilakukan seminggu sekali agar ayam bangkok lebih sehat. Untuk ayam yang ingin diadu sebaiknya berikan ramuan ini tiga atau empat hari sebelum ayam diadu.

 

Pembeian secara sekaligus

Ada sebagian botoh yang tidak ingin repot dengan memberikan madu dan telur secara sekaligus. Caranya pisahkan kuning telur lalu tambahkan setengah sendok madu dan kemudian diaduk hingga rata. Selanjutnya sudah bisa diberikan kepada ayam.

Untuk dosis dan pola pemberiannya sama dengan cara sebelumnya, yaitu satu butir telur dan setengah sendok madu yang biberikan satu minggu sekali.

 

Nah itulah manfaat telur dan madu bagi ayam aduan serta cara pemberriannya. Semoga tulisan ini bermanfaat dan dapat menjadi ilmu yang berguna. Salam botoh tanah air. . . . .

Gambar Gravatar
Hidup ini akan lebih bermanfaat jika kamu mau berbagi dengan orang lain.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *