Kunyit Untuk Ayam Bangkok

6 Manfaat Luar Biasa Kunyit Untuk Ayam Bangkok Aduan

Siapa sih yang tidak tahu dengan kunyit?., Kunyit adalah salah rempah-rempah atau bahan herbal khas dari Indonesia. Tanaman yang satu ini biasa dijadikan sebagai bahan pembuatan obat herbal seperti jamu dan ramuan. Selain itu juga kunyit adalah bahan pendukung perlengkapan dapur sebagai bumbu masakan.

Kunyit mempunyai banyak sekali manfaat, baik manusia dan binatang. Bagi para peternak kunyit sering diberikan kepada ayam dengan tujuan tertentu, yaitu sebagai obat serta untuk menjaga kesehatan ayam. Pada kesempatan kali kini kita akan sedikit mengulas manfaat kunyit untuk ayam aduan yang belum banyak diketahui.

 

Manfaat Luar Biasa Kunyit Untuk Ayam Bangkok Aduan

1. Mengobati luka pada ayam

Ketika ayam selesai diadu atau diabar, pastnya ayam akan mengalami luka pada bagian luar. Dalam hal ini bisa diberikan kunyit untuk mengobati luka luar ayam. Kunyit adalah salah satu bahan terbaik yang berguna sebagai antibiotik, jadi kunyit bisa membersihkan luka dari bakteri. Selain itu pemberian kunyit akan membuat luka ayam lebih cepat kering.

 

2. Sebagai obat ayam ngorok ayam

Ayam ngorok bisa saja diakibatkan oleh virus dan juga bisa juga akibat luka pada saluran pernapsan ayam. Kunyit bisa dijadikan sebagai obat ngorok tradisional dan mujarap, caranya bisa dengan dilolohkan secara langsung dan bisa juga ditumbuk terlebih dahulu.

 

3. Menjaga kesehatan organ dalam ayam

Pemberian kunyit kepada ayam Bangkok secara rutin akan membuat organ dalam ayam jauh lebih sehat. Selain itu kunyit juga berguna mensetabilkan kondisi tubuh ayam dan juga dapat mengeluarkan racun yang ada pada tubuh ayam.

 

4. Mengobati ayam turun urat

Turun urat adalah salah satu kejadian paling memperihatinkan yang menimpa ayam Bangkok aduan. Kunyit bisa dijadikan sebagai alternatif obat turun urat tradisional. Cara yang paling mudah adalah dengan menumbuk kunyit yang dicampur dengan sedikit merica lalu kemudian diberikan kepada ayam.

Baca Juga:  Ternyata Sabung Ayam Menjadi Budaya Di Indonesia Sejak Dulu

 

5. Menyehatkan pencernaan dan menurunkan berat ayam

Ayam Bangkok aduan yang kelebihan berat badan akan mengalami masalah ketika bertarung, mungkin kekuatan pukulannya memang kuat, tapi dari segi kelincahan tubuh sangatlah lemah. kandungan curcumin pada kunyit dapat merangsang kantung empedu untuk menghasilkan empedu yang dapat melancarkan sistem pencernaan. Selain itu, curcumin berguna untuk menurunkan berat badan ayam yang kegemukan.

 

6. Mengobati kurap ayam

Kurap pada ayam disebabkan oleh bakteri dan kuman. Penyakit yang satu ini memang terlihat sepele, tapi jika dibiarkan dapat menular kepada ayam lain dengan cepat. Maka dari itu anda bisa menggunakan kunyit untuk menyembuhkan kurap ayam ini. Caranya dengan menggosok bagian tubuh yang terserang kurap menggunakan air kunyit.

 

Hampir semua bahan herbal yang terdapat di Indonesia mempunyai manfaat luar biasa untuk ayam aduan. Pada dasarnya menggunakan obat alami jauh lebih baik daripada obat dengan bahan kimia. Nah itulah Manfaat Luar Biasa Kunyit Untuk Ayam Bangkok Aduan, semoga tulisan ini bermanfaat untuk kita semua.

Gambar Gravatar
Hidup ini akan lebih bermanfaat jika kamu mau berbagi dengan orang lain.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *