Manfaat Jahe Untuk Ayam Aduan

6 Manfaat Jahe Untuk Ayam Aduan yang Luar Biasa

Semua orang pasti tahu tanaman yang satu ini. Jahe adalah taman herbal khas dari Indonesia yang biasa digunakan sebagai jamu tradisional dan juga sebagai bumbu masakan. Dari sekian banyaknya manfaat jahe, ternyata juga berkhasiat untuk ayam aduan.

Kebanyakan penghobi ayam Bangkok aduan mengguakan jahe sebagai bahan dasar pembuatan jamu tradisional buat ayam. Kandungan nutrisi yang terdapat dalam jahe diyakini dapat meningkatkan kualitas ayam Bangkok aduan. Dibandingkan dengan pemberian bahan kimia seperti obat atau doping, ternyata pemberian jahe jauh lebih baik dan pastinya aman bagi ayam.

 

Kandungan yang terdapat pada Jahe

Seperti yang kita ketahui kalau tanaman herbal mempunyai kandungan nutrisi yang sangat tinggi. Berikut ini adalah kandungan yang terdapat pada jahe:

Kandungan Pada Jahe

 

Manfaat Jahe Untuk Ayam Aduan

1. Sebagai Jamu Penambah Stamina

Kebanyakan botoh menggunakan jahe sebagai bahan racikan jamu penambah stamina ayam aduan. Jahe dapat deberikan secara langsung dan bisa juga diberikan dengan kombinasi bahan-bahan lain seperti kuning telur, madu, gula merah dan bahan lainnya.

 

2. Mengurangi Rasa Sakit Pada Ayam

Tidak jarang ayam aduan mengalami luka dalam setelah ayam selesai diadu atau diabar. Dalam hal ini untuk mengobati luka dalam pada ayam bisa dengan memberikan jahe. Pengobatan ini bisa dilakukan dengan dua cara, yaitu dengan diminumkan kepada ayam dan bisa juga dengan dilolohkan kepada ayam.

 

3. Obat Anti Peradangan

Selain dapat mengobati rasa sakit pada ayam, jahe juga berkhasiat untuk mengurangi pembengkakan pada luka ayam. Peradangan pada ayam jika dibiatkan bisa sangat berbahaya, misalnya saja ayam menjadi kurang nafsu makan dan pada akhirnya ayam menjadi kurus. Selain itu tanaman jahe bersifat anti-inflarmatori sehingga cocok untuk obat ayam turun urat.

Baca Juga:  6 Alasan Kenapa Ayam Aduan Kurus dan Susah Gemuk

 

4. Menyehatkan Pencernaan Ayam

Ekstrak minyak yang terdapat pada jahe dapat menyehatkan sistem pencernaan ayam sehingga terhindar dari gangguan bakteri jahat. Ayam yang pencernaannya tidak sehat akan dapat dilihat dari gejalanya, seperti kurangnya nafsu makan dan terindikasi penyakit lain.

 

5. Menurunkan Berat Badan Ayam

Ayam yang gemuk memang bagus, akan tetapi kegemukan pada ayam aduan jurstu dapat berdampak negatif. Maka dari itu anda bisa mengatasi kegemukan pada ayam dengan memberikan jahe secara rutin. Pastinya ayam yang memiliki tubuh ideal akan lebih baik saat berlaga.

 

6. Meningkatkan Produktivitas Ayam

Jahe mengandung antioksidan dan memiliki aktivitas androgenik. Sehingga, dalam beberapa penelitian ditemukan bahwa jahe dapat meningkatkan jumlah hormon testosteron sehingga dapat meningkatkan produktivitas binatang ternak.

 

Cara Pemberian Jahe Pada Ayam Aduan

Ada dua cara simpel yang bisa dilakukan, pertama dengan diberikan secara langung dan yang kedua diberikan dengan tambahan bahan lainnya.

  • Jahe dipotong kecil-kecil lalu kemudian diberikan kepada ayam dengan dilolohkan.
  • Gunakan perasan air jahe yang dicampurkan dengan gula merah, lalu berikan pada ayam dengan cara diminumkan.

 

Untuk pemberian jahe bagian penting yang harus diperhitungkan adalah dosisnya, yaitu disesuaikan dengan umur ayam.

Gambar Gravatar
Hidup ini akan lebih bermanfaat jika kamu mau berbagi dengan orang lain.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *