keuntungan ternak ayam potong

8 Keuntungan Ternak Ayam Potong yang Begitu Menjanjikan

Keuntungan Ternak Ayam Potong Belakangan ini harga daging ayam semakin meroket, hal ini menyebabkan banyak orang tergiur dan ingin merasakan keuntungan ternak ayam potong. Ayam pedaging merupakan salah satu sumber makanan hewani yang sudah menjadi kebutuhan pokok masyarakat Indonesia. Akan tetapi, akibat kurangnya produksi daging ayam dari para peternak menyebabkan harga daging menjadi naik dan tidak stabil.

Mengembangkan usaha ternak ayam potong memiliki prospek yang sangat menjanjikan. Seperti yang dijelaskan di atas bahwa saat ini stok daging ayam belum bisa memenuhi permintaan, hal ini menjadi peluang menjanjikan untuk menggeluti bidang usaha ini. Selain itu ternak ayam potong memiliki banyak keuntungan dan keunggulan dibandingkan dengan usaha ternak lainnya.

 

Keuntungan Ternak Ayam Potong yang Begitu Menjanjikan

1 Siapapun Bisa Memulainya

Salah satu keuntugan ternak ayam potong adalah bisa dijalankan oleh siapapun. Ternak ayam potong adalah usaha mandiri yang tidak tidak mengenal tingkat pendidikan, banyak sekali cerita sukses dari para peternak ayam potong yang bahkan tingkat pendidikannya rendah. Usaha ini sangat cocok bagi wirausahawan yang ingin bergerak di bidang peternakan.

 

2 Dapat Dikembangkan Dengan Skala Kecil

Kemudian keuntungan lain dari ternak ayam potong bisa dikembangkan dengan skala kecil. Dalam hal ini skala usaha sangat berkaitan erat dengan jumlah modal yang dimiliki peternak, jadi bagi anda yang hanya memiliki modal seadanya bisa mulai membangun usaha ternak ayam potong berskala kecil atau sedang. Bahkan ada sebagian orang yang melirik bisinis ini dan dijadikan usaha rumahan.

 

3 Kebutuhan Daging Ayam Meningkat

Meskipun produksi ayam potong di Indonesia sudah dibilang cukup besar yaitu antara 900 juta sampai 1 milyar ekor per tahun, kebutuhan daging ayam masih saja belum tercukupi sepenuhnya. Bahkan ironisnya terkadang pemerintah terpaksa mengimpor daging ayam dari luar negeri demi memenuhi kebutuhan daging ayam. Maka dari itu, meningkatnya kebutuhan daging ini bisa dijadikan motivasi bagi para peternak untuk lebih meningkatkan hasil produksinya.

Baca Juga:  Mengenal Ayam Broiler dan Jenis Ras Pedaging yang Populer

 

4 Lebih Cepat Panen

Tingkat produksi atau pertumbuhan ayam potong sangat cepat jika dibandinkan dengan ayam lainnya. Hal ini menyebabkan ternak ayam potong lebih cepat panen dan lebih menguntungkan. Idealnya waktu panen ayam potong ialah 36 hari, dan ayam akan mencapai ukuran maksimal ketika menginjak umur dua bulan. Akan tetapi kecepatan waktu panen ayam pedaging ini dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti pola perawatan, pakan dan kesehatan ayam ketika masa rawat.

 

5 Pemeliharaan Ayam Potong yang Mudah

Kemudian keuntungan lain dari ternak ayam potong ialah pemeliharannya yang mudah. Ilmu dan keterampilan budidaya ayam potong sangat mudah dipahami, apalagi jika diiringi dengan praktek lapangan secara langsung. Jadi pada dasarnya tidak sulit untuk menjadi tenaga pengelolah kandang asalkan ada kemauan dan memiliki keinginan untuk belajar.

 

6 Dapat Menambah Lapangan Pekerjaan

Dalam usaha budidaya ternak ayam broiler berskala besar dapat memberikan dampak positif bagi masyarakat sekitar, diantaranya adalah dapat menambah lapangan pekerjaan. Semakin terbatasnya lapangan pekerjaan dan minimnya pendidikan masyarakat membuat banyak orang menganggur. Dalam hal ini, usaha ternak yang besar tidak mungkin hanya dikelolah oleh satu orang dan sudah jelas akan membutuhkan tenaga kerja tambahan.

 

7 Pemasaran yang Mudah

Dari segi pemasaran, ayam potong mempunya segmentasi pasar yang luas. Hal ini dikarenakan daging ayam masih menjadi pilihan utama bagi masyarakat Indonesia. Dibandingkan dengan daging sapi dan daging ayam kampong memang harga ayam potong relatif terjangkau. Target pemasaran ayam potong diantaranya adalah para pedagang di pasar, masyarakat luas, restoran dan orang-orang yang ingin mengadakan acara, missal pesta dan acara pernikahan.

 

8 Bisa Dilakukan Dengan Cara Kemitraan

Kemudian keutungan dari ternak ayam broiler ialah bisa dilaksanakan dengan sistem kemitraan. Tenak ayam potong sistem kemitraan adalah upaya yang dilakukan pihak yang pemodal dengan para peternak. Pola kerja ini dapat dinamakan sebagai kerja sama antara dua belah pihak untuk menyukseskan usaha budidaya. Saat ini pola kemitraan dijadikan sebagai lahan investasi bagi para pemodal, maka dengan kemikian memiliki dampak positif bagi peternak dan pemodal itu sendiri.

Baca Juga:  4 Peralatan yang Harus Ada di Dalam Kandang Ayam Broiler

 

Beberapa keuntungan dari ternak ayam potong yang dijelaskan di atas akan tereailisasi jika usaha peternakan dijalankan dengan sebaik mungkin. Jadi penjelasan dari tulisan ini bisa anda jadikan sebagai motivasi dan bahan pertimbangan ketika ingin memulai usaha ternak ayam potong. Akhir kata kami mengucapkan terima kasih dan semoga tulisan ini bermanfaat bagi kita semua.

Gambar Gravatar
Hidup ini akan lebih bermanfaat jika kamu mau berbagi dengan orang lain.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *