ayam brugo

Keunikan Ayam Brugo Sebagai Ras Ayam Hias Keturunan

Ayam Brugo adalah salah satu jenis ras ayam hias keturunan yang populer dan banyak dipelihra oleh penghobi ayam hias. Ayam Brugo ini merupakan jenis ras ayam hutan atau ayam liar yang berasal dari Pulau Sumeatera. Ayam ini termasuk jenis ayam yang langka dan tentunya jika dijual harganya bisa sangat mahal.

Keunikan ayam brugo mempunyai ciri khusus yaitu dengan penampilan warna blulu merah mengkilat. Ayam hias Brugo merupakan hasil perkawinan silang antara ayam hutan merah Sumatera dengan ayam kampung. Dari hasil persilangan tersebut menghasilkan ayam dengan penampilan menarik yang memiliki bulu mengkilap. Jika dilihat sekilas, ayam ini mempunyai karakteristik seperti ayam kampung.

 

Ciri khas Ayam Brugo yang Unik

  • Memiliki warna khas putih di telinganya. Jadi seperti memakai anting-anting.
  • Bulunya yang mengkilap dan sedap dipandang.
  • Ayam hias ini memiliki suara kokok khas yang melengking tinggi dan panjang.

 

Keunikan Ayam Brugo Sebagai Ras Ayam Hias Keturunan

Ayam ini awalnya digunakan untuk ayam petarung karena memiliki kelincahan bergerak dan keunikan gaya tarungnya. Namun dengan berjalannya waktu, ayam ini beralih fungsi menjadi ayam hias karena keindahan warna dan bulunya. Warna bulunya didominasi warna kuning dan merah hati, tapi ada juga yang berwarna putih dan hitam. Ayam Brugo dengan warna hitam dan putih umunya memiliki harga yang tinggi. Hal itu disebabkan karena warna hitam dan putih jarang ditemui. Jika memiliki postur kecil dan ekor yang indah akan semakin membuat harganya menjadi lebih mahal.

Dalam perkembangannya Ayam Brugo tidak memerlukan perawatan yang khusus. Hanya cukup menjaga kebersihan kandang dan pakan yang cukup, maka ayam akan berkembang biak dengan cepat. Tingginya permintaan Ayam Brugo dari luar pulau Sumatera membuktikan jika ayam hias Brugo cukup diminati di Indonesia. Hal inilah yang membuat orang beradu membudidayakannya, baik untuk dijual atau dijadikan ayam hias di rumah.

Gambar Gravatar
Hidup ini akan lebih bermanfaat jika kamu mau berbagi dengan orang lain.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *