menguatkan leher ayam

6 Cara Menguatkan Leher Ayam Aduan

6 Cara Menguatkan Leher Ayam Aduan – Leher adalah organ tubuh yang digunakan ayam aduan untuk bertahan dan melakukan serangan. Ciri-ciri Ayam aduan yang bagus ialah memiliki leher yang kuat dan berotot. Lalu untuk membentuk leher ayam yang atletis bisa dilakukan dengan beragam cara, yaitu mulai dari pakan, latihan dan perawatan.

Leher ayam aduan memiliki fungsi di antaranya menahan serangan pukulan lawan. Selain itu leher juga berperan aktif untuk mencari celah, mengalung lawan, mematuk hingga melesatkan pukulan. Jadi kesimpulannya untuk dapat menaklukan lawan maka ayam aduan harus memiliki leher yang kuat dan atletis.

 

Melatih dan Menguatkan Leher Ayam Aduan Supaya Kuat

Cara yang paling ampuh untuk menguatkan leher ayam bangkok aduan adalah dengan jalan latihan. Berikut adalah beberapa latihan dan perawatan yang bisa anda coba:

  1. Melakukan senam leher setiap pagi sebelum ayam dimandikan. Caranya yaitu dengan memegang kepala ayam dan menggerakannya ke kiri dan kanan. Sebaiknya latihan ini dilakukan sesuai dengan kesanggupan ayam, jika ayam sudah terlihat kelelahan bisa dihentikan dan diistirahatkan setelah itu baru dimandikan.
  2. Menguatkan otot leher bisa juga dilakukan saat ayam dimandikan dengan memijat pelan-pelan pada bagian leher ayam. Tujuannya adalah untuk merangsang pengerasan otot pada leher ayam aduan.
  3. Kemudian cara yang paling efektif untuk mengeraskan otot leher ayam adalah dengan melakukan latihan tarung (abar). Latihan tarung tidak hanya mengutkan leher, tapi akan menguatkan seluruh bagian tubuh ayam.
  4. Selain latihan anda juga bisa melakukan perawatan seperti mengkompres ayam dimalam hari dengan spons basah. Pengompresan dilakukan pada bagian kepala, leher, ketiak dan paha ayam. Tujuannya yaitu agar otot ayam lebih cepat jadi dan keras. Kemudian ayam jangan sampai basah kuyup dan usahakan saat mengompres bulu ayam tidak terlalu basah.
  5. Berikan nasi putih hangat dengan cara melolohkannya pada ayam setiap pagi pada pukul 6 pagi. Cara ini sudah sering dipraktekkan oleh para botoh dan hasilnya cukup bagus.
  6. Kemudian yang terakhir adalah melakukan beberapa hal yang dijelaskan di atas secara rutin.

 

Nah itulah sedikit tips dari saya mengenai  6 Cara Menguatkan Leher Ayam Aduan yang bisa dipraktekan oleh para pembaca sekalian. Jika ayam memiliki leher yang kuat dan berotot maka kemungkinan untuk menang akan jauh lebih besar. Untuk itu dalam memelihara ayam aduan bagian yang tidak boleh dilupakan ialah bagaimana cara perawatan yang baik dan benar.

Gambar Gravatar
Hidup ini akan lebih bermanfaat jika kamu mau berbagi dengan orang lain.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *