Penyakit Tembolok

Cara Mengobati Tembolok Ayam yang Membengkak

Penyakit tembolok pada ayam ditandai dengan ciri-ciri pembengkakan pada bagian tubuh ayam yang lama-kelamaan akan semakin membesar. Kemudian berat badan ayam yang terkena penyakit ini menurun dan menjadi kurus, selain itu sistem pencernaan pada ayam akan terganggu. Tentunya khasus ayam terkena sakit tembolok (pembengkakan teleh) ini sudah sering dialami para peternak.

Pada tulisan ini kami akan memberikan sedikit penjelasan mengenai penyakit ini dan cara mengatasinya. Dalam hal ini jika penyakit tembolok dibiarkan maka bisa saja berakibat fatal dan menyebabkan ayam mati. Sampai saat ini belum diketahui penyebab pasti penyakit yang satu ini, tapi ada beberapa kemungkinan kenapa ayam sakit tembolok, yaitu:

  • Akibat sistem pencernaan ayam yang terganggu
  • Disebabkan oleh cacing Capilaria Annulata
  • Ayam menelan benda yang tidak bisa dicerna seperti paku, kaca, kawat, dan benda-benda lainnya
  • Untuk ayam aduan, biasanya disebabkan oleh pukulan keras di bagian tembolok
  • Kemudian pembengkakan tembolok bisa juga disebabkan akibat kesalahan pakan.

Walaupun penyakit tembolok pada ayam tidak bersifat menular, tapi bukankah lebih baik jika segera diobati. Di bawah ini adalah beberapa cara mengeobati penyakit teblolok ayam.

 

Cara Mengobati Penyakit Tembolok Pada Ayam

Pegobatan hanya efektif jika pembengkakan tembolok ayam belum terlalu besar. Nah apabila sudah terlalu parah memang penanganan penyakit ini akan sangat rumit.

Menggunakan Obat

Ada banyak sekali obat unggas yang dijual di toko alat-alat hewan, namun untuk mengobati penyakit ini bisa dengan memberikan obat tetrachlor. Caranya berikan kapsul tetrachlor pada ayam yang sakit lalu selanjutnya ayam distirahatkan. Kemudian anda juga bisa mengobati penyakit ini dengan obat alami, yaitu dengan memberikan lidah buaya kepada ayam. Tujuannya agar sistem pencernaan ayam menjadi sehat dan berfungsi dengan baik.

Baca Juga:  3 Cara Ampuh Mengobati Ayam Terserang Penyakit Snot atau Pilek

Dengan Cara Manual

Cara manual bisa dilakukan dengan menguras tembolok ayam yang sakit. Caranya dengan memesukan air dalam tembolok dan dikeluarkan kembali lewat mulut ayam. Bagi anda yang pernah mengorok ayam tentunya metode ini tidaklah sulit.

 

Pencegahan Penyakit Tembolok

  • Lakukan pengawasan agar ayam tidak memakan benda-benda keras seperti paku, kawat, kaca dan sebagainya.
  • Berikan pakan ayam yang bersih tanpa adanya kotoran.
  • Pastikan kondisi mental dan stamina ayam selalu dalam kondisi baik.
  • Lakukan pembersihan peralatan kandang secara rutin.
  • Kemudian jaga kebersihan kandang akan penyakit dan virus tidak berkembang.

Nah itulah penjelasan singkat dari kami terkait penyakit tembolok ayam, penyebab dan cara mengatasinya. Kami akhiri tulisan kali ini, semoga bermanfaat untuk kita semua.

Gambar Gravatar
Hidup ini akan lebih bermanfaat jika kamu mau berbagi dengan orang lain.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *