Mengobati Ayam Ngorok

Cara Mengobati Ayam Ngorok Tak Kunjung Sembuh

Ngorok atau pilek adalah salah satu penyakit yang biasa menyerang ayam. Karena itu sebagai peternak anda wajib mengetahui cara mengobati ayam ngorok yang tak kunjung sembuh.

Ayam yang terserang penyakit ngorok sebaiknya diberikan perawatan khusus dan harus segera diobati. Jika tidak, dikhawatirkan penyakit ini akan menular pada ayam-ayam lain dan khasus terburuknya bisa menjadi wabah penyakit mematikan.

Pengobatan ayam ngorok ini bisa dengan metode alami (tradisional) atau bisa juga menggunakan obat-obatan berbahan kimia.

Baca juga:

 

Penyebab Utama Ayam Ngorok

Umumnya ayam ngorok disebabkan oleh tiga kemungkinan, yaitu (1) suhu dan kelembapan, (2) terinfeksi penyakit (3) Pola Perawatan.

Akibat Suhu dan Kelembapan Udara

Suhu ideal untuk unggas yaitu antara 25 sampai 28 derajat celcius dan kelembapan normal untuk ayam yaitu 60-70%. Kemudian jika suhu dan kelembapan udara tidak stabil, kemungkinan besar ayam akan mengalami masalah pada pernapasan sehingga ayam akan lebih rawan terinfeksi bibit penyakit.

Terinfeksi Penyakit

Ada beberapa penyakit yang memicu ayam ngorok seperti CRD dan CRD kompleks, Korisa, ILT (infeksius laryngo tracheitis). setiap penyakit tersebut memiliki gejala yang berbeda-beda dan tingkat penangannya pun berbeda.

Pola Perawatan

Selain dua hal di atas, ayam ngorok bisa juga diakibatkan karena kesalahan perawatan. Sebagai contoh pemberian pakan yang tidak sesuai sehingga kebutuhan nutrisi ayam tidak terpenuhi. Lalu bisa juga disebabkan akibat kurangnya kebersihan kandang dan lingkungan.

 

Cara Alami Mengobati Ayam Ngorok

Mengobati ayam ngorok dengan bahan-bahan alami atau bahan tradisional adalah cara yang paling bagus. Kenapa?? Karena bahan-bahan tersebut lebih aman dan mudah di dapatkan.

Mengobati ayam ngorok dengan mengkudu

Mengkudu bisa dibilang tanaman obat yang memiliki banyak khasiat. Biasanya buah mengkudu digunakan sebagai bahan pembuatan jamu, tapi anda wajib tahu kalau buah ini bisa mengobati ayam ngorok.

Caranya cukup mudah, pertama ambil buah mengkudu yang telah masak, lalu berikan kepada ayam. Mengkudu bisa di potong kecil-kecil dan disesuaikan dengan usia ayam.

Mengobati ayam ngorok dengan bawang merah

Selain bisa dijadikan obat ayam ngorok, ternyata bawang merah memiliki banyak manfaat lain bagi ayam bangkok, seperti menjaga kekebalan tubuh dan meningkatkan libido ayam jantan. Caranya bawang merah bisa diberikan secara langsung kepada ayam, atau bisa juga ditumbuk dahulu lalu ditambahkan air kemudian diminumkan pada ayam yang ngorok.

Mengobati ayam ngorok dengan jeruk nipis

Jeruk nipis tidak hanya bisa digunakan sebagai obat manusia, tapi jeruk nipis juga bisa mengobati ayam ngorok. Langkah-langkahnya cukup mudah, pertama peras jeruk nipis lalu berikan air perasan jeruk nipis kepada ayam yang terserang penyakit ngorok.

 

Obat Ayam Ngorok yang Bisa Dibeli di Toko

Pengobatan menggunakan obat kimia bisa dijadikan alternatif jika memang anda tidak sempat meracik obat tradisional. Berikut adalah daftar obat ayam ngorok yang bisa anda pakai:

  • Tetra-chlor,
  • Trymezin botol,
  • Doxyvet 50 gr
  • Obat vitamin pilek,
  • Tetelo plus,
  • Dan masih banyak lagi.

Untuk beberapa obat di atas saya rasa tidak perlu dijelaskan lebih rinici, karena di setiap kemasan obat tersebut pasti ada keterangan serta dosis penggunaannya.

 

Cara Mencegah Penyakit Ngorok Ayam

Ketika ada beberapa ayam yang terkena penyakit ngorok sebaiknya lalukan penanganan yang tepat. Seperti yang kita ketahui kalau penyakit ngorok adalah jenis penyakit yang menular.

  • Segera pisahkan ayam yang terkena penyakit ngorok,
  • Lakukan pembersian kandang secara rutin,
  • Berika asupan pakan yang seimbang,
  • Lakukan perawatan ekstra ketika musim hujan,

 

Sebagai seorang peternak sebaiknya anda lebih cepat bergerak meskipun itu sepele. Terkadang masalah sepele pun jika dibiarkan bisa menjadi mesalah serius. Baiklah, untuk tulisan Cara Mengobati Ayam Ngorok Tak Kunjung Sembuh saya cukupkan sampai di sini dan semoga bermanfaat.

Gambar Gravatar
Hidup ini akan lebih bermanfaat jika kamu mau berbagi dengan orang lain.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *