melatih pukulan ayam

6 Cara Melatih Pukulan Mematikan Ayam Bangkok Muda

Ayam bangkok merupakan jenis ayam aduan yang paling populer di seluruh dunia. Sejarah ayam bangkok dan perkembangannya di Indonesia sudah ada sejak zaman dahulu. Sampai saat ini eksistensi ayam bangkok aduan masih tetap populer di kalangan para pecinta ayam laga.

Ketika di arena ayam aduan diharapkan bisa mengalahkan lawannya agar bisa menjadi juara. Namun dalam khasus ini, untuk memiliki ayam bangkok berkualitas tidaklah mudah. Seorang botoh (penggemar ayam laga) harus bisa mengetahui ciri fisik ayam aduan yang bagus. Selain itu yang tidak kalah penting adalah bagaimana perawatan dan latihan yang diberikan kepada ayam.

Pola latihan adalah poin utama untuk meningkatkan kualitas tempur ayam aduan. Pastinya sobat ingin mempunyai ayam aduan yang memiliki pukulan keras dan akurat. Nah dalam hal ini latihan harus dilakukan sejak dini, yaitu dari ayam bangkok yang masih berusia muda. Kesalahan perawatan bisa berakibat fatal dan justru membuat ayam bangkok anda menjadi tidak bagus.

 

Cara melatih pukulan mematikan ayam bangkok muda

Pada dasarnya setiap ayam bangkok memiliki kelebihan khusus dan beserta kekurangannya, baik itu dalam bentuk fisik, teknik, dan mental. Namun kelebihan tersebut tidak akan maksimal jika anda tidak memberikan perwatan dan latihan yang maksimal. Berikut ini adalah cara melatih pukulan mematikan ayam muda yang dapat anda terapkan:

1. Latihan senam

Latihan senam adalah cara paling simpel untuk melatih puklan mematikan ayam muda. Walapun terlihat sepele, senam sangat berguna untuk membentuk otot ayam aduan. Seperti yang kita ketahui kalau pukulan yang keras perlu dukungan otot yang kuat.latihan senam ayam

Latihan senam bisa dilakukan ketika pagi hari, yaitu sebelum memandikan ayam aduan. Anda bisa melatih lompatan dengan mengangkat ayam hingga setinggi lutut kemudian dijatuhkan ke tanah. Pastikan tanah tidak keras dan bila perlu berikan air agar permukaan tanah menjadi basah. Kemudian anda bisa juga memberikan senam leher, senam sayap, puss up dan latihan ringan lainnya.

 

2. Latihan renang

Mungkin latihan renang adalah bentuk latihan yang tergolong unik, tapi kenyataanya latihan renang sangat bermanfaat untuk membentuk otot ayam bangkok. Jika latihan senam hanya membentuk sebagian kecil otot tubuh ayam, maka dengan melatih renang ayam dapat menguatkan keseluruhan otot di tubuh ayam.

Baca Juga:  Teknik Ayam Aduan yang Berkualitas Juara

Cara latihan ini yaitu dengan melemparkan ayam di tengah kolam atau sungai lalu biarkan ayam berenang ketepian. Anda bisa mencobanya hingga beberapa kali tapi harus disesuaikan dengan kesanggupan ayam. Jika ayam bangkok sudah terlihat kelelahan sebaiknya latihan dihentikan dan dilanjutkan hari berikutnya.

 

3. Latihan Kliter

Nah mungkin sobat botoh masih ada yang belum tahu mengenai cara latihan kliter ini. Latihan kliter adalah melatih kekuatan puklan dan mental ayam bangkok dengan cara ayam disuruh mengelilingi kandang bundar (kurungan). Dengan begitu otot pada ayam bangkok akan lebih cepat keras serta mental ayam akan meningkat.

Pertama-tama untuk melakukan latihan ini dibutuhkan dua ekor ayam, yatu satu ayam yang ingin dilatih dan satu ayam sebagai pembentunya. Masukan ayam pembantu (untulan) ke dalam kurungan kecil kemudian kurungan kecil di tutup dengan kurungan besar. Selanjutnya biarkan ayam berlali mengelilingi kurungan untuk mencari celah bertarung. Untuk latihan kliter ini dapat dilakukan dengan durasi 15-20 menit lalu ayam bisa diistirahatkan. Karena latihan ini termasuk latihan yang menguras tenaga sebaiknya dilakukan 2-3 hari sekali saja.

 

4. Latihan dengan boneka ayam

Boneka ayam merupakan salah satu terobosan terbaru dalam dunia ayam aduan. Boneka ini biasa dipakai untuk melatih pukulan dan mental ayam bangkok. Dengan menggunakan boneka ayam resiko ayam mengalami cidera jauh lebih kecil. Nah jika anda tertarik anda bisa membelinya ke penyedianya langung, atau dengan browsing di internet karena ada banyak sekali penjual alat-alat ayam aduan secara online.

Dengan boneka ayam ini akan dijadikan sebagai sarana melatih pukulan ayam. Normalnya ayam akan langsung menyerang jika melihat boneka ayam karena memang boneka ini hampir mirip dengan ayam sungguhan. Selain dengan boneka ini anda juga dapat melatih ayam bangkok yang belum berani bertarung.

Baca Juga:  6 Jalu Ayam Bangkok Serta Kelebihannya Yang Perlu Diketahui

 

5. Latihan Ayunan

Latihan ayunan pada ayam bangkok mempunyai tujuan utama untuk meningkatkan keseimbangan ayam bangkok. Kemudian latihan ini juga dapat meningkatkan akurasi pukulan serta mengencangkan otot kaki dan otot sayap ayam bangkok aduan.

Pertama-tama siapkan kayu dengan panjang sekitar satu meter, kemudian buat menjadi ayunan. Untuk latihannya silahkan letakan ayam yang akan dilatih tepad di bagian kayu. Lalu ayunkan dan biarkan ayam berusaha mejaga keseimbangannya. Biasanya ketika baru pertama ayam akan lebih mudah jatuh, jadi anda perlu bersabar hingga cengkraman kaki ayam ke kayu menjadi kuat.

 

6. Latihan tarung

Kemudian cara melatih pukulan mematikan ayam bangkok muda yang terakhir adalah latihan tarung. Dalam tahap ini adalah proses akhir latihan dimana kita akan menguji dan menilai kualitas tempur ayam bangkok. Jadi jika latihan sebelumnya dilakukan dengan benar mudah-mudahan hasil latihan tarung akan memuaskan sehingga ayam benar-benar siap diadu di gelanggang.latihan abar ayam

Ketika latihan tarung ada beberapa hal penting yang perlu diperharikan, yaitu:

  • Durasi atau waktu yang disesuaikan dengan kesanggupan ayam
  • Jalu sebaiknya dibungkus agar ayam tidak cedera
  • Pilih lawan abar yang seimbang, baik itu usia maupun ukuran tubuh
  • Selanjutnya yang terpenting adalah melakukan latihan tarung ketika ayam dalam kondisi sangat baik.

 

Nah itulah cara melatih pukulan mematikan ayam bangkok muda supaya menjadi ayam pembunuh di arena gelanggang. Selain itu, latihan di atas sebaiknya diimbangi dengan perawatan yang maksimal, berikan pakan berkualitas dan sekali-kali ayam diberikan racikan jamu kuat. Kami akhiri tulisan ini semoga bermanfaat.

Gambar Gravatar
Hidup ini akan lebih bermanfaat jika kamu mau berbagi dengan orang lain.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *