melatih ayam main atas

Cara Jitu Melatih Ayam Main Atas Menjadi Full Kontrol

Pastinya teman-teman botoh sekalian sudah tahu kalau ada banyak sekali gaya tarung atau teknik ayam bangkok yang bagus. Salah satu yang paling populer dan banyak disukai adalah teknik ayam main atas atau biasa dikenal dengan teknik kontrol. Gaya tarung bisa kita amati ketika ayam mulai menunjukan teknik tarungnya, yaitu biasanya saat sudah lewat 5 menit di arena.

Pada kesempatan sebelumnya kami sudah membagikan tulisan tentang kelebihan ayam tipe solah. Nah dalam hal ini tipe solah itu sendiri dibagi menjadi dua yaitu teknik solah atas dan solah bawah. Pada dasarnya teknik ayam bangkok sudah dibentuk sejak kecil dan sebagian besar dipengaruhi oleh gen keturunan. Meskipun demikian faktor perawatan dan latihan juga bisa mempengaruhi teknik ayam aduan.

Nah apakah anda ingin mengubah dan memperbaiki gaya bertarung ayam aduan anda?., Memang faktanya ayam main atas lebih banyak disukai dan mempunyai banyak sekali kelebihan. Berikut ini adalah beberapa cara jitu yang bisa anda coba untuk melatih ayam main atas sehingga menjadi ayam full kontrol.

Tempat pakan yang dibuat lebih tinggi

Metode yang paling ampuh adalah dengan membuat tempat pakan yang lebih tinggi di atas bahu ayam. Memang pada awalnya ayam yang terbiasa dengan tempat pakan yang berada di bawah akan sedikit kesulitan, tapi dengan begitu ayam akan terlatih mematuk ke arah atas.

Selain itu anda bisa juga merubah posisi tempat pakan, baik itu ke kiri atau ke kanan. Ada beberapa ayam aduan yang hanya bermain sebelah saja, jadi dengan begitu cara ini dapat melatih ayam supaya bisa memiliki teknik full kontrol.

 

Melatih ayam dengan lompatan

Cara ini sangat sederhana, pertama-tama biarkan ayam dalam kondisi sangat lapar, lalu masukan pakan ke dalam wadah plastik yang transparan (bisa juga dengan plastik kiloan). Kemdian gantung pakan di tempat yang agak tinggi, kira-kira dua kali dari tinggi ayam. Dengan begitu ayam akan melompat-lompat untuk mengambil pakan yang digantung. Latihan ini sangat cocok untuk ayam supaya tidak main bawah dan juga dapat menguatkan otot ayam.

Baca Juga:  Keistimewaan Katurangan Sisik Batu Lapak Ayam Aduan Asli

Latihan ini bisa dilakukan dengan durasi 5-15 menit sesuai kesanggupan ayam bangkok anda. Terutama untuk ayam muda, jangan terlalu dipaksakan. Sebaiknya latihan ini dilakukan di atas tanah dan tidak terdapat benda-benda yang dapat meluakai kaki ayam, misalnya paku, kawat maupun batu.

 

Latihan leher agar kuat

Leher adalah bagian vital pada ayam aduan, maka dari itu ayam bangkok harus memiliki leher yang kuat supaya bisa melakukan serangan maupun bertahan. Banyak khasus ketika bagian leher ayam mengalami saat diadu ayam menjadi tidak seimbang, mudah dipukul dan kesulitan melesatkan pukulan. Selain itu kondisi leher yang lemah akan membuat ayam cenderung bermain bawah, hal ini karena ayam menghindari resiko pukulan ke arah leher jika dia bermain atas.

Beberapa cara yang dapat anda lakukan untuk menguatkan leher ayam bangkok diantaranya yaitu dengan melakukan latihan fisik. Misalnya saja melakukan senam leher saat pagi hari sebelum ayam dimandikan dan kemdian memijat leher ayam ketika ayam sedang dimandikan.

 

Latihan abar

Latihan abar adalah cara yang paling ampuh untuk melatih ayam main atas. Terutama untuk ayam muda, dengan begini ayam akan mengamati gaya tarung lawan. Jadi dalam melakukan latihan abar sebaiknya pilih lawan yang mempunyai gaya tarung main atas yang baik.

Jadi jangan khawatir ayam anda dipukuli, asalkan jalu dibungkus rapat mudah-mudahan ayam anda tidak akan cedera. Kemudian yang tidak kalah penting adalah perhatikan durasi latihan abar, dan juga pilih lawan yang seimbang. Pastinya teman-teman botoh sekalian tidak meninginkan jika ayam kesayangannya cedera. maka dari itu saat latihan abar sebaiknya lebih teliti dan hati-hati.

 

Jadi kesimpulannya latihan dan perawatan juga bisa mempengaruhi teknik bertarung ayam bangkok. Apabila anda ingin melatih ayam main atas sehingga menjadi ayam bangkok teknik kontrol berkualitas, maka anda bisa mencoba beberapa cara di atas. Kami akhiri tulisan kali ini, semoga bermanfaaf bagi para penggemar ayam bangkok.

Gambar Gravatar
Hidup ini akan lebih bermanfaat jika kamu mau berbagi dengan orang lain.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *