ayam bangkok berkualitas juara

5 Unsur Penting Untuk Menilai Ayam Bangkok Berkualitas

5 Unsur Penting Untuk Menilai Ayam Bangkok Berkualitas – Berbicara mengenai ayam bangkok berkualitas bagus tentu saja selalu banyak anggapan dan pendapat dari para penghobi ayam aduan yang memiliki banyak perbedaan. Pasti kita semua memiliki selera atau standar ayam aduan yang ideal. Ada orang yang beranggapan ayam loc/ngalung kunci itu bagus dan ada juga yang beranggapan ayam control lebih bagus. Itu semua tergantung dari selera dari masing-masing orang untuk menentukan jenis ayam mana yang mereka sukai.

 

Berikut Unsur Penting Untuk Menilai Ayam Bangkok Berkualitas

  • Teknik tarung (gaya bertarung)
  • Teknik pukulan (gaya Pukulan)
  • Konstruksi tulangan (bentuk struktur tulang)
  • Darah keturunan (faktor genetic)
  • Ciri fisik atau Katuranggan

 

1. Teknik tarung.

Teknik tarung yangg dianggap bagus adalah yang susah terkena pukulan lawan. Apapun gaya teknik tersebut diantaranya adalah teknik Kontrol, dongkrak, lari, dorong, sedot, ngumpet, nyayap dan lain-lain. Yang terpenting dan harus diperhatikan adalah ayam yang susah untuk dipukul lawan dan ayam sangat cerdik untuk mendapatkan mencari celah. Kalo menurut saya, yang namanya ayam pasti kalahnya dengan ayam juga. Jadi, teknik tarung yang di anggap baguspun bisa kalah dengan ayam yang teknik tarungnya di anggap jelek. Berarti yang terpenting adalah dimana ayam kita mampu menguasai pertarungan/gelanggang.

 

2. Teknik pukulan

Teknik pukulan yang baik yaitu yang mampu membuat membuat lawan yang terkena pukulan menjadi kewalahan. Biasanya, pukulan yg membuat musuh kewalahan ini adalah pukulan yg bersih, tepat mengena pada sasarannya atau telak. Teknik pukuklan ayam haruslah seimbang. Maksudnya seimbang yaitu keras dan akurat. Percuma jika Cuma keras tapi ngawur dan tidak akurat.

 

3. Konstruksi tulangan

Tulangan sangat mempengaruhi gaya bertarung ayam. Tulangan ayam terbagi dalam dua jenis, yaitu tulang kecil dan tulang besar. Ayam yang memiliki tulangan kecil biasanya mengandalkan jalu atau biasa dikenal dengan ayam jalon. Sedangkan ayam dengan tulangan besar lebih dominan kearah tipe ayam pukul. Tetapi tidak menuntut kemungkinan ayam tulang kecil selalu mengandalkan jalu dan begitu juga sebaliknya.

 

4. Darah keturunan

Segala sesuatu kembali lagi kepada faktor genetiknya, begitu juga dengan ayam. Indukan bagus akan menghasilkan anakan yang bagus pula. Maka dari itu mulailah mencari indukan dan pejantan yang bagus (juara) karena hal ini sangat berpengaruh terhadap kualitas ayam yang akan kita ternakan atau pelihara.

 

5. Ciri fisik/katuranggan

Banyak dari penghobi adu ayam percaya bahwa katuranggan/ciri fisik yg bagus mampu membawa berkah bagi pemiliknya hal ini sudah dipercaya secara turun-menurun. Selain itu, katuranggan yang bagus dipercaya memberi wibawa pada ayam sehingga musuh menjadi kehilangan kepercayaan diri.

 

Nah itulah 5 unsur penting yang bisa anda jadikan sebagai pengukur untuk menilai dan memilih ayam bangkok berkualitas.

Gambar Gravatar
Hidup ini akan lebih bermanfaat jika kamu mau berbagi dengan orang lain.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *