kandang ayam bangkok juara

4 Kriteria Kandang Ayam Bangkok yang Harus Anda Siapkan

Kriteria Kandang Ayam Bangkok – Apakah anda ingin beternak atau membudidayakan ayam bangkok aduan? Jika iya, maka bagian penting yang wajib anda miliki adalah kandang. Tujuan utama dari budidaya itu sendiri adalah untuk mengembangbiakan ayam bangkok dalam skala besar supaya mendapatkan keuntungan.

Seperti yang kita ketahui bahwa penghobi ayam aduan selalu ada dari generasi ke generasi. Akibatnya peluang budidaya ayam bangkok memiliki prospek yang menjanjikan. Selain itu harga jual ayam bangkok aduan dengan kategori “Berkualitas” bisa mencapai harga yang fantastis.

Nah jika anda benar-benar serius ingin menekuni bidang usaha ayam bangkok maka anda wajib membuat kandang yang ideal. Selain faktor bibit, kandang pun sangat menentukan keberhasilan seorang peternak.

 

Ciri Kandang Ayam Bangkok yang Sehat

Sebelum membuat kandang, ada beberapa hal penting yang harus anda ketahui terkait ciri-ciri kandang ayam bangkok aduan yang ideal,yaitu:

  • Buatlah kandang agak jauh dari rumah dan perhatikan kondisi lingkungan sekitar. Pilihlah lokasi yang tenang dan nyaman supaya ayam tidak stress dan tidak merasa terganggu.
  • Kandang yang baik ialah kandang yang mendapatkan sinar matahari yang cukup. Buat kandang mengarah ke timur agar ayam mendapatkan sinar matahari pagi yang cukup.
  • Buatlah bentuk kandang yang ideal dan mudah dibersihkan. Dengan begitu akan memudahkan anda ketika merawat dan membersikanya.
  • Kemudian untuk antisipasi kemungkinan kecolongan maka sebaiknya kandang dipagar dan dikunci.

 

Berikut Adalah 4 Kriteria Kandang Ayam Bangkok yang Harus Anda Siapkan

Untuk budidaya ayam bangkok aduan setidaknya ada empat kriteria kandang yanng perlu anda siapkan.

1 Kandang Bok (kandang anak ayam)

Kebanyakan penghobi ayam aduan mengartikan kandang postal dengan sebutan kandang bok. Kandang yang satu ini digunakan untuk proses pembearan ayam bangkok. Kandang bok dapat dibbuat dengan ukuran yang bervariasi, mulai dari 1×1 meter sampai 2×1 meter.kandang box ayam bangkok

Karena kandang ini dikhususkan untuk anak ayam maka anda bisa mendesainya agak rapat dan bisa mengunakan papan dan jaring kawat. Anak ayam yang baru menetas bisa ditempatkan pada kandang bok hingga usia 3 atau 4 bulan.

 

2 Kandang Ayam Bangkok Dewasa

Biasanya ayam bangkok akan saling bertarung satu sama lain saat berusia 3 bulan ke atas. Untuk menggatasi persaingan hidup anak ayam maka anda bisa memindahkannya ke kandang ayam bangkok dewasa. Kandang ini dibuat khusus untuk satu ekor ayam, tujuannya adalah untuk menghindari terjadinya pertarungan.kandang ayam bangkok dewasa

Anda bisa membuat kandang dengan ukuran 1×1 meter untuk satu ekor ayam. Kemudian jika kandang berjejer antara satu dengan yang lain maka anda harus memberikan batas dinding yang rapat. Hal ini karena satu lubang kecil saja pada dinding pembatas dapat memicu perkelaihan antara ayam.

 

3 Kandang Umbaran

Kandang umbaran memiliki banyak sekali kegunaan, diantaranya adalah untuk proses mengawinkan dan menjemur ayam. Sebenarnya kandang umbaran tidak terlalu dibutuhkan jika anda hanya memelihar satu atau dua ayam, tapi berbeda jika memiliki banyak ayam.kandang umbaran ayam bangkok

Dengan kondisi ayam yang banyak pastinya anda akan bingung dan tidak bisa mengumbar ayam secara sembarangan. Karena jika sembarangan mengumbar kemungkinan ayam akan bertarung dengan ayam lainnya. Maka dari itu anda bisa membuat kandang umbaran dengan ukuran 2×1,5 meter atau 1×2,5 meter.

 

4 Kandang Untuk Menjemur

Berbeda dengan ayam lain, perawatan ayam bangkok sedikit lebih unik dan anda juga harus membuat kandang yang berfungsi untuk menjemur ayam. Penjemuran ayam berguna untuk menyehatkan ayam serta meningkatkan kualitas ayam bangkok aduan.kandang ayam bangkok juara

 

Nah itulah empat kandang yang sebaiknya anda siapkan ketika anda memilih untuk memulai budidaya atau ternak ayam bangkok aduan. Memang merawat dan memelihara ayam aduan itu lebih unik dibandingkan ayam yang lainnya.

Gambar Gravatar
Hidup ini akan lebih bermanfaat jika kamu mau berbagi dengan orang lain.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *